BOOKS

FRIENDS DON’T KISS: Cinta vs Idealisme..

23626904

Pengarang          : Syafrina Siregar

Penerbit              : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2014

Rating                   : 8

Menurut gw novel ini asik untuk dibaca sekaligus juga menambah pengetahuan tentang Breastfeeding (ASI). Dari kata pengantar tersirat bahwa si Penulis terinsipirasi dari pengalaman pribadinya ketika memberikan ASI untuk buah hatinya. Plot ceritanya pun dibuat sedemikian rupa sehingga tidak membosankan.

Diceritakan sosok seorang Mia Ramsy, wanita yang mendedikasikan dirinya sebagai member dari Indonesian Breastfeeding Mothers (IBM) sebuah Organisasi Ibu menyusui di Indonesia, yang sangat memprioritaskan ASI untuk bayi yang baru lahir. Sayangnya, Mia ini tidak mempunyai pengalaman secara pribadi, yah.. karena tentu saja dia masih jomblo alias belum menikah dan mempunyai anak. Cerita pun mengalir diawali dengan konflik yang terjadi antara Mia dan adiknya yang baru melahirkan. Mia menjanjikan bahwa Ia akan menemani adiknya untuk proses IMD yang ternyata tidak bisa ditepatinya. Konflik antara Mia dan adiknya pun terus berlanjut karena kesalahpahaman antara keduanya. Mia merasa semua Ibu haruslah memberikan ASI eksklusif kepada bayinya dan semua Ibu pasti bisa melakukan, sedangkan yang tidak dimengerti olehnya adalah bahwa ada kondisi tertentu dimana Ibu terkadang tidak bisa memberikan ASI eksklusif.

Tentu saja cerita ini semakin menarik ketika Mia bertemu denga Ryan melalui cara yang tidak biasa, Mia menabrak mobil Ryan. Ryan semakin dibuat penasaran dengan sosok Mia yang menarik, acuh tak acuh namun berbeda dengan gadis-gadis lainnya. Ryan yang kaya, sukses, tampan baru kali ini tergetarkan hatinya oleh keberadaan Mia. Ia ingin menikah dengan Mia! Namun, persoalannya tidaklah semudah itu. Mia memang menyukai Ryan, namun Mia tidak mengetahui identitas Ryan yang sebenarnya. Di balik perjuangannya melawan susu formula demi ASI eksklusif, Mia tidak mengetahui bahwa selama ini Ia justru berpacaran dengan pemilik perusahaan susu formula Prima Gold yang sangat dibencinya. Dan alur cerita mencapai klimaksnya ketika disaat Ryan merasa siap untuk melamar Mia, secara tidak sengaja Mia mengetahui bahwa Ryan telah menutup-nutupi identitasnya walaupun Ia mengetahui semua yang dilakukan Mia berkaitan dengan perjuangannya melawan susu formula Prima Gold.

Karakter Ryan Subagyo merupakan tipikal cowok sukses, tampan, dan tidak pernah mengenal cinta yang mampu membuatnya memikirkan pernikahan. Pertemuannya dengan Mia yang merupakan “musuhnya” membuat dia sengaja menutupi identitasnya karena Ia takut kehilangan gadis itu. Ketika cinta berbicara, ia mampu membuat seorang Ryan yang tidak pernah mengalah untuk rela melepaskan segalanya demi bersama dengan Mia. Ya, Ryan menutup perusahaan susu formula Prima Gold yang telah mencapai kesuksesan besar untuk masa depannya bersama Mia *Sooo Romantis..*

Karakter Mia Ramsy merupakan gadis keras kepala, prefeksionis, berdedikasi tinggi, cuek, namun menarik. Kecintaanya terhadap ASI eksklusif dan kebenciannya terhadap perusahaan susu formula Prima Gold sempat mengalahkan keinginannya untuk bersama Ryan. Yah, jujur kekecewaan dan keterkejutan yang dirasakan Mia ketika ia mengetahui bahwa Ryan lah pemilik Prima Gold yang selama ini Ia tentang mati-matian, dapat dimaklumi. Ia merasa dikhianati namun kekeraskepalaannya juga yang membuat Mia hampir kehilangan cinta sejatinya. Untungnya, pada saat-saat akhir Mia mampu mengalahkan logika dan memberanikan diri untuk menggapai cintanya yang tentu saja telah dinanti-nantikan Ryan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s