MOVIES

IT’S OKAY THIS IS LOVE: “Cinta yang menyembuhkan..”

It's_Okay,_That's_Love-p3

Pemain utama :

Jo In Sung [Jang Jae Yeol]

Gong Hyo Jin [Ji Hae Soo]

Sung Dong Il [Jo Dong Min]

Jin Kyung [Lee Young Jin – Mantan istri Jo Dong Min]

Yang Ik Joon [Jang Jae Bum – Kakak laki-laki Jae Yul]

Do Kyung Soo [Han Kang Woo]

Genre                 : Drama, Romance, Medical, Psikologi

Episode              : 16

Rating                 : 9


Jujur, pertama gw ga gitu tertarik buat nonton film ini.. gw pikir film ini bakalan boring dengan ceritanya yang tentang masalah kejiwaan. “Masa film ini isinya tentang orang sakit jiwa semua?!” Itu yang terlintas dalam pikiran gw ketika gw dengerin reviewnya dari si mas penjual DVD. Tapi ternyata gw MEREMEHKAN film ini. Selesai nonton film ini, gw berpendapat bahwa ini adalah salah satu film berkualitas yang gw tonton. Emang sih banyak istilah-istilah kedokteran yang awam buat gw tapi secara keseluruhan, film ini mampu memberikan makna dalam sekaligus pengetahuan bahwa hidup itu dipenuhi oleh yang bervariasi. Terkadang apa yang dialami di masa lalu / masa kecil kita bisa berdampak sangat besar ketika kita dewasa nanti, dan itu seringkali yang terluput dari pandangan kita.

It's_Ok,_This_is_Love-0016It's_Ok,_This_is_Love-0020

Film ini dibuka dengan tokoh utamanya, Jang Jae Yeol, seorang penulis novel misteri tampan terkenal melebihi seorang selebriti, playboy dan sedikit angkuh. Dengan kesuksesannya dan ketampanannya ia pun mempunyai banyak fans. Namun dibalik kehidupannya yang sekilas terlihat “normal” ia mempunyai kelainan yang disebut Obsessive Compulsive Disorder-OCD dan hebatnya tidak ada yang tahu soal ini. Jang Jae Yeol mempunyai seorang kakak laki-laki yang dipenjara karena dituduh melakukan pembunuhan terhadap ayahnya. Jae Yeol tumbuh dengan masa lalu kelam. Ayahnya seorang pemabuk yang sering memukuli Ibu dan anak-anaknya, Jae Yeol sendiri juga sering dipukuli oleh ayah dan kakak laki-lakinya. Oleh karenanya ia sering lari bersembunyi dan tidur didalam toilet. Kebiasaan itu terbawa hingga besar. Jae Yeol tidak pernah tidur diranjang, ia selalu tidur di bath-tub di toilet. Pertemuannya dengan Ji Hae Soo pertama kali di sebuah talk show di televisi menjadi titik awal yang berlanjut ke jenjang hubungan yang lebih serius.

It's_Ok,_This_is_Love-0018

Ji Hae Soo, seorang psikiater yang ambisius, keras, dan berdedikasi tinggi terhadap pasien-pasiennya. Ia tumbuh dengan membawa trauma terhadap cinta, sex dan komitmen hubungan karena perselingkuhan ibunya sementara ayahnya menderita stroke. Awal pertemuannya dengan Jae Yeol membuatnya membenci pria itu karena kesombongannya dan ke-playboy-annya namun seiring waktu, ia menemukan dirinya tertarik oleh sosok Jae Yeol. Mereka pun akhirnya mencoba untuk menjalin hubungan sebagai kekasih dengan harapan mereka dapat saling menyembuhkan luka masing-masing. Mereka pun akhirnya menjadi teman serumah dengan 2 orang anggota lainnya: Jo Dong Min, kolega senior Hae Soo di rumah sakit – Ia bercerai dengan istrinya yang juga psikiater dan teman Hae Soo – dan Park Soo Kwang, seorang pasien dengan sindrom Tourette – gejala panik yang disertai bersin-bersin berkepanjangan – yang selalu gagal menjalani percintaan karena penyakitnya.

It's_Ok,_This_is_Love-0002Its_OK_This_Is_Love-0042

Berempat mereka hidup seatap dengan masalahnya masing-masing. Jae Yeol dengan ancaman kakak laki-lakinya yang berniat membunuhnya karena merasa dijebak atas perbuatan yang tidak dilakukannya sehingga harus berada dipenjara untuk waktu yang lama; dan fans baru seorang cowok SMU, Han Kang Woo yang mempunyai masalah dengan keluarganya. Hae soo yang mengetahui bahwa kekasihnya yang lama dipacarinya ternyata berselingkuh dengan temannya. Dong Min dengan mantan istrinya yang tidak pernah saling mengerti, dan Park Soo Kwang yang selalu gagal mendapatkan kekasih karena penyakitnya. Selain itu, di fillm ini juga diceritakan beberapa kasus kejiwaan yang dialami oleh pasien-pasien Hae Soo.

Cerita film ini semakin menarik ketika novel terbaru Jae Yeol tidak mengalami perkembangan, tindakan-tindakan aneh yang sering dilakukan olehnya, sampai pada akhirnya terkuak bahwa sosok Han Kang Woo bukanlah sosok nyata! Han Kang Woo adalah sosok ilusi ciptaan Jae Yeol yang merupakan refleksi dari apa yang dialami di masa lalunya. Kang Woo hanya terlihat oleh Jae Yeol. Jae Yeol harus menghadapi kenyataan bahwa ia harus dirawat di rumah sakit jiwa, namun tidak semudah itu sosok Han Kang Woo hilang. Belum lagi ancaman dari kakak laki-lakinya yang menyimpan dendam dan berusaha untuk melukainya.

It's_Ok,_This_is_Love-0010

Singkat cerita, cinta tulus Hae Soo dibantu Jo Dong Min akhirnya mampu menyadarkan dan membuka mata Jae Yeol bahwa sosok Kang Woo tak lebih hanya ilusi yang diciptakannya karena trauma masa lalunya. Jae Yeol berpikir ia harus membantu Kang Woo yang memiliki keadaan keluarga yang sama dengannya, ayah yang selalu menyiksa ia dan ibunya. Namun pada akhirnya ia sadar bahwa semua itu tidak nyata dan ia mau sembuh. Bersamaan dengan itu pula, terkuak misteri pembunuhan ayahnya. Ternyata Ibunya lah yang membunuh ayahnya, dan hanya Jae Yeol mengetahuinya. Ibunya pun mengalami shock yang menyebabkan ia lupa bahwa dia lah yang membunuh suaminya. Jae Yeol yang ingin melindungi ibunya, akhirnya bersaksi bahwa kakaknya lah yang telah membunuh ayahnya. Kakaknya yang berpikir untuk melindungi Jae Yeol pada awalnya merasa sakit hati terhadap Jae Yeol yang dianggapnya telah menjerumuskannya dalam hukuman penjara untuk waktu yang sangat lama.

Film ini boleh dibilang agak beraliran dark dengan begitu banyaknya kejadian-kejadian kelam yang terjadi dan rumit. Klimaks terjadi pada saat misteri pembunuhan ayah Jae Yeol terkuak. Banyak adegan yang mengaduk-aduk emosi gw: sedih, gemes, ga terima, miris, sampai bahagia lihat ending-nya yang happy. Semua orang berakhir bahagia, mereka sembuh dari penyakitnya: Jae Yeol sudah tidak berhalusinasi tentang Kang Woo lagi dan sudah bisa tidur di ranjang; Hae Soo sudah bisa menerima komitmen hubungan, memaafkan ibunya; Park Soo Kwang akhirnya sembuh dari penyakitnya dan mempunyai pacar cantik yang mencintainya; Dong Min yang mencapai pengertian dengan mantan istrinya. Gw suka itu karena gw pikir mereka semua berhak untuk bahagia. Dan gw banyak belajar dari film ini terutama bahwa kondisi keluarga dimana kita dibesarkan berpengaruh besar terhadap diri kita di masa depan, juga cinta yang tulus mampu menyembuhkan luka yang berat sekalipun.

Never give up in trying and you will find nothing is impossible with love ~

 


Obsessive Compulsive Disorder-OCD merupakan suatu gangguan anxietas di mana pikiran dipenuhi dengan pemikiran yang menetap dan tidak dapat dikendalikan dan individu dipaksa untuk terus-menerus mengulang tindakan tertentu, menyebabkan distress yang signifikan dan mengganggu keberfungsian sehari-hari. (http://abnormalpsy.blogspot.com/2011/08/pengertian-obsessive-compulsive.html)

Sindrom Tourette (juga disebut penyakit Tourette, sindrom Gilles de la Tourette, GTS atau Tourette atau TS) adalah penyakit neuropsikiatrik yang membuat seseorang mengeluarkan ucapan atau gerakan yang spontan tanpa bisa mengontrolnya. (http://id.wikipedia.org/wiki/Sindrom_Tourette)


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s