MOVIES

THE KING’S FACE: “Takdir ditentukan oleh garis wajah..?!”

korean-drama-thekingsface

Pemain utama :

Seo In Guk [Gwang Hae Prince] | Jo Yoon Hee [Kim Ga Hee] | Shin Sung Rok [Kim Do Chi] | Lee Sung Jae [King Seonjo] | Kim Kyu Ri [Gwiin Kim]

Genre : Historical, Action, Thriller, Romance | Episode : 23 | Rating : 9.5   *Recommended to see!*

fullsizephoto519693Drama ini berkisah tentang perjuangan pangeran Gwang Hae untuk menjadi Raja Joseon. Pada masa itu, ada buku fisiognomi yaitu buku bagaimana membaca wajah raja. Pada masa kecil Raja Seonjo diramalkan tidak mempunyai “Wajah Raja” oleh pembaca wajah istana. Pada masa itu, dipercaya bahwa untuk menjadi Raja haruslah mempunyai “wajah raja” sehingga Negara dan rakyatnya akan makmur dan sejahtera.

Pangeran Gwang Hae merupakan pangeran kedua yang lahir dari selir raja kedua yang telah meninggal. Awalnya, tidak ada keinginan untuk menjadi raja sampai ia melihat kehidupan rakyat. Berpedoman dengan ideologi yang sama dengan kelompok Dae dong – yang akhirnya dianggap sebagai kelompok pengkhianat karena ideologinya: Kesetaraan kedudukan dan rakyat sebagai penguasa tertinggi – Pangeran Gwang Hae memutuskan bahwa dirinya akan menjadi Raja dan mengubah kehidupan rakyat menjadi lebih baik. Untuk mendapakan gelar Putra Mahkota, ia harus berjuang melawan ancaman dari beberapa pihak, yaitu Pangeran Im Hae, putra pertama raja, selir Gwiin Kim yang menginginkan anaknya Pangeran Shin Sung menjadi putra mahkota, dan Kim Do Chi mantan ketua kelompok Dae Dong yang akhirnya menjadi pejabat pemerintah demi mewujudkan ambisinya. Disamping itu, pangeran Gwang Hae masih harus bersaing dengan Ayahnya dalam masalah politik dan cinta seorang gadis, Ga Hee.

fullsizephoto523323Karakter Raja Seonjo menurut gw merupakan sosok raja yang tidak dewasa. Mimpinya untuk menciptakan rakyat yang bahagia tidaklah salah namun sifat self-centered nya sangat tinggi. Dalam beberapa aspek penting, ia memilih untuk menyelamatkan diri daripada berkorban untuk rakyat. Ia terobsesi dengan “garis wajah” sehingga melakukan apa saja demi memperbaiki “garis wajah”nya daripada memiliki hati untuk melayani rakyat.

first-Seo-In-guk-stills-for-the-Korean-drama-The-King-Face

Karakter pangeran Gwang Hae mulai dari remaja dengan segala keceriaan dan kenaifan sampai ia tumbuh menjadi seorang pangeran sejati dewasa dan bijaksana dengan ketrampilannya membaca wajah dibawakan dengan sangat bagus dan kuat oleh Seo In Guk. Jelas terlihat bahwa ia mempunyai karakter “Raja” yang diidamkan. Segala pengorbanan dia lakukan untuk kepentingan rakyat dan ia sangat dicintai oleh rakyat. Walaupun akhirnya dia terpilih menjadi pangeran mahkota, jalannya menjadi raja tak mulus. Segunung permasalahan lain harus ia hadapi termasuk kecemburuan Ayahnya. Akhirnya Gwang Hae menjadi raja dengan segala pengorbanannya melepas semua perasaannya: rasa bersalahnya, kebenciannya pada Ga Hee yang membunuh ayahnya, serta rasa cintanya kepada Ga Hee.

imagesGa Hee, sosok wanita yang ditakdirkan untuk melayani dua “raja”. Demi menghindari takdir inilah pula ia harus hidup sebagai seorang pria. Ga Hee sosok wanita yang keras dan mandiri. Ga Hee mencintai pangeran Gwang Hae. Namun takdir menuntunnya menjadi selir Raja Seonjo Demi menjadikannya raja, Ga Hee meracuni Raja Seonjo dan bunuh diri. Namun ia lolos dari kematian dan menjadi biksu. Gw agak kasihan dengan nasib Ga Hee, ia selalu mengalami kesusahan dan sampai akhir hidupnya dia harus melepaskan cintanya, tragis…

photo512479Kim Do Chi, terlahir dari masyarakat kelas rendah membuat ia bertekad untuk menwujudkan ideology kelompok Dae dong: kesetaraan. Dia mencintai Ga Hee dan bersama membangun kelompok Dae dong pada awalnya. Karakternya yang ambisius dan pantang menyerah membuatnya mampu melakukan apa saja demi menjadi raja. Sayang melihat kemampuannya membaca wajah akhirnya tersia-siakan karena ambisi gilanya..

Film ini secara keseluruhan patut untuk di tonton, terutama bagi mereka penyuka film genre kerajaan… karakter setiap pemainnya sangat kuat dan jalan ceritanya menarik, menyajikan banyak intrik dan pemikiran-pemikiran kritis dari segi politis kerajaan. Walaupun endingnya sedih secara romance namun pangeran Gwang Hae berhasil mewujudkan mimpi besarnya.

 “Hati dapat mengubah bentuk wajah” – Kasim Song, ep.22

“Wajah rakyat adalah wajah Raja” – Raja Gwang Hae, ep.23

 ~ What you have inside your heart and what you do will determine your destiny/future.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s