BOOKS

A BEAUTIFUL MESS: “She and her little dirty secret..”

24840208

Pengarang : Rosi I. Simamora | Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2015 | Halaman : 336 halaman | Genre : Romance, Drama | Rating : 9

“kita naik apa?”

“ini,” sahut laki-laki itu, tangannya menunjuk bemo karatan bersayap yang patut dipertanyakan kelayakan terbangnya…

“Ayah kamu secara khusus meminta transportasi ini”, ujar Lian tanpa menoleh

“Mungkin ayah saya tidak tahu yang dia maksud itu bakiak terbang dari kaleng begini,” Freya masih mencoba mengelak dari takdirnya

Tidak mungkin ia nail kendaraan neraka ini! TIDAK MUNGKIN! Ini bukan pesawat, demi Tuhan, ini odong-odong keturunan becak!

(Bab 1, halaman 16)

 

Freyanka Alyra a.k.a Freya, gadis cantik-modis- tajir-manja-body aduhai-high maintance yang terpaksa harus menerima nasib diungsikan ke pulau terpencil sebagai ganti bantuan yang diberikan ayahnya atas rahasia kelam yang ia miliki. Freya meminta bantuan ayahnya untuk melunasi hutangnya dan sebagai gantinya dipulau terpencil itu ia harus bekerja, sesuatu yang amat sangat langka dalam kosakatanya sebagai gadis tajir dan manja.

Freya menyimpan rahasia kelam tentang dirinya. Hantu masa lalunya yang memikat namun terlarang menyebabkan ia terpuruk dalam sangkar emas tanpa ada sinar masa depan. Ia bisa hidup mewah dan bergelimang harta namun tanpa cinta. Hantu masa lalunya yang bernama Mahar merupakan sosok terlarang yang tak bisa dimilikinya. Mereka memiliki nafsu yang tak pernah padam, namun itu hanya membawa luka untuk Freya dan sampai titik buntu Freya takut dan terluka.. sangat dalam.

Sosok Freya menurut gw adalah cerminan karakter cewek-cewek tajir yang banyak ditemui. Manja dan high maintance, sangat sadar akan kelebihan yang dia miliki sebagai gadis cantik dan selalu mendapatkan pujaan dari setiap pria.. oleh karena itu berhadapan dengan Lian yang mengabaikannya dengan dingin, membuatnya frustrasi. Namun dibalik itu semua, Freya adalah cewek rapuh yang merindukan pengakuan dari ayahnya. Untuk mendapatkan pengakuan ia rela melakuakn segala sesuatu yang bertentangan/berbahaya. Freya memiliki jiwa pemberontak karena luka yang mengendap dalam hatinya. Tapi sebenarnya dilapisan terdalam, Freya hanyalah cewek rapuh yang haus akan cinta dan kasih sayang.

Pablo Neruda Parulian Purba a.k.a Lian, makhluk laki-laki surreal-ciptaan terindah-dewa seks jutek-seksi-tubuh atletis yang sanggup mencabut nyawa setiap perempuan dengan penampilan fisiknya, diserahi tugas oleh ayah Freya untuk mengawasi dan memastikan putrinya bekerja. Lian berhutang budi pada Richard, Ayah Freya, yang telah membantu melunasi hutang-hutang ayahnya. Freya sebenarnya bukanlah orang asing dalam kamus Lian. Pada saat ayahnya meninggal, genggaman tangan Freya-lah dan kehadirannya menemani dalam hening yang akhirnya bisa membuatnya melepaskan kesedihannya. Yang tersisa dari Freya saat itu hanyalah jepit bewarna karat berhiaskan tiga kupu-kupu dari batu delima. Namun, kata-kata Freya yang diucapkan pada saat perayaan sidi* (*perayaan baptisan) membuatnya memupuk kebencian pada Freya hingga kini. Dan sekarang ia harus menghabiskan hari-hari bersama Freya, memastikan ia bekerja sesuai perintah Richrad, dan bersikap seperti robot sementara perasaan lain mulai tumbuh?

Lian sebenarnya menurut gw adalah cowok dengan karakter romantic, yang menyimpan kenangan sosok kecil Freya menggenggam tangannya hingga kini. Dibalik sikapnya yang no emosi itu sebenarnya ia menyimpan segudang emosi. Kesabarannya dan ketelatenannya mengelola bisnis resornya, kepeduliaannya terhadap penduduk setempat. Dewasa!

Hari-hari dilalui dengan pemberontakan Freya. Sampai akhirnya sebuah buku tentang kisah-kisah mitologi dan legenda dibalik penciptaan patung dan ukiran suku setempat “membuka mata” Freya. Ia menjadi tertarik dengan dunia patung dan bisnisnya. Seiring waktu Freya pun menyadari bahwa Lian tidak sedingin tampilan luarnya. Dibantu Bapa Andros, Freya mengenal karakter Lian. Semakin mengenalnya, Freya sadar ia menyukai Lian. Hingga fakta menyakitkan penyebab Lian selama ini membencinya terkuak, Freya sadar ia membuat kesalahan besar yang tak disadarinya. Belum lagi dengan hantu masa lalunya. Apakah Freya akan mampu mengusirnya dan move on? Bisakah ia menerima cinta Lian dengan beban kehadiran hantu masa lalunya yang masih merengkuhnya? Ini adalah kisah Freya, a beautiful mess with a horrible little secret.

Novel ini mempunyai ide cerita yang sebenarnya simple. Rosi, penulis novel ini, menurut gw sangat pintar dalam penyampaian cerita dengan kosakata dan bahasanya yang ga “jaim” sehingga ide cerita yang sebenarnya simple ini menjadi sangat menarik dan tidak membosankan untuk dibaca. Gw suka dengan bahasa yang disajikan, sangat jujur, apa adanya, dan bahkan terkesan berani. Tapi itulah yang menjadi daya tariknya. Penulis bahkan berhasil membuat gw tersenyum/tertawa kecil dengan penyampaian ekspresinya yang “bitchy(Oh Gosh, sorry!). Penggambaran perseteruan antara ego dan hasrat dalam pikiran Freya dijabarkan sangat menarik dan lucu. Dan satu lagi, novel ini feels sooo Batak! Sangat berkarakter!

~ Nobody’s perfect but when you are able to move on from your past you will see beautiful thing awaits for you.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s