BOOKS

A SCENT OF LOVE IN LONDON: “Karena didalam ketidak-sempurnaan kita menjadi sempurna..”

ID_EMK2015MTH02ASOLIL_BPengarang : Indah Hanaco | Penerbit : PT. Elex Media Komputindo, 2015 | Halaman : 359 halaman | Genre : Romance, Drama | Rating : 7.5

“Sudah lama kamu merencanakan ini?”
Hugh mengangkat wajah dan mengangguk tanpa basa-basi.
“Ini upaya bunuh diriku yang ketiga”
(Prolog)

Ivana Zelde, gadis penderita disleksia parah sampai taraf tidak bisa membaca sama sekali. Karena kekurangannya itu, keluarganya menghujaninya dengan perhatian yang berlebihan hingga membuatnya sesak. Ivana menyangka Damon adalah cinta sejati yang mampu menerimanya apa adanya namun ia salah, Damon mengkhianatinya dengan cara yang sulit dibayangkannya. Karena patah hati dan muak akan perhatian berlebihan dari orang tuanya, Ivana memutuskan untuk berlibur ke London – Inggris, tempat dimana Irving, kakak laki-lakinya tinggal.

Hugh, a.k.a Hugh Joaquin Levine, adalah mantan pembalap yang menjanjikan. Ia punya segala yang diinginkan semua orang: ketenaran, pacar yang mencintainya, karir dan masa depan yang cemerlang sampai kecelakaan saat trial Formula One di Valencia merenggut semuanya darinya dan meninggalkannya dalam kondisi yang menyedihkan dan terpuruk. Hugh merasa tidak ada lagi yang tersisa untuknya didunia ini selain keputus-asaan. Satu-satunya yang ingin dilakukannya adalah meninggalkan dunia ini.

Di London pula, takdir mempertemukan Ivana dengan Hugh dengan cara yang tidak biasa. Ivana menyelamatkan Hugh yang berusaha menabrakkan diri ke jalan raya yang dipenuhi oleh kendaraan. Suatu kejadian itulah yang berlanjut pada pertemuan mereka selanjutnya, termasuk perasaan yang berkembang begitu cepat diantara mereka. Hugh dan Ivana saling mencintai. Namun dibalik cinta yang mereka rasakan, mereka sadar terlalu banyak perbedaan diantara mereka. Ivana harus kembali ke Indonesia dan hidup Hugh di London, perbedaan kebudayaan antara mereka, Orang tua Ivana yang tidak mempercayai orang luar. Apakah Hugh akan menyerah begitu saja dan melepaskan Ivana?

Novel ini bercerita tentang kisah cinta dua manusia dari dua benua yang berbeda namun sama-sama memiliki kekurangan. Namun karena ketidak-sempurnaan antara mereka itulah yang menyatukan mereka dalam sebuah perasaan cinta. Bisa dimaklumi kalau Hugh akhirnya mencintai Ivana karena Ivana memberikan “kehidupan” baru bagi Hugh, sesuatu yang mustahil diharapkan dari kondisinya saat ini. Keberaniannya mengorbankan nyawa untuk seseorang yang sama sekali asing telah “membuka mata” Hugh dan membuatnya berani untuk berharap kembali.

Disajikan dengan ide cerita yang tidak biasa membuat novel ini menarik untuk dibaca namun sayangnya menurut gw, novel ini agak sedikit membosankan di alur ceritanya yang terkesan lambat. Menurut gw, karakter Ivana kurang kuat di bagian akhirnya, agak berbeda dengan awalnya yang merupakan gw pemberani. Tapi pada akhirnya, Ivana pesimis dengan hubungan mereka padahal jelas-jelas Hugh mencintainya dan tak rela berpisah dengannya. Terkesan plin-plan juga, dia sendiri yang memutuskan untuk berpisah namun disisi lain ia menangis berhari-hari berharap Hugh akan kembali (Mungkin emang cewek gitu semua kali yah?!).
Walaupun begitu, gw tetap salut pada karakter Ivana disini, dengan segala kekurangannya ia mampu memberikan cinta dan kepercayaan yang mampu membangkitkan orang yang telah terpuruk.

Yang paling berkesan dari novel ini tentu saja karakter Hugh yang kuat. Emang pertamanya diceritakan Hugh adalah pria tanpa pengharapan, namun ia bangkit dan menjadi dewasa. Walaupun usianya lebih muda dari Ivana, namun Hugh mempunyai pemikiran yang matang sebagai pria. Ia tahu bahwa Ivana adalah alasannya untuk tetap hidup. Ia mencintai Ivana dan ia butuh dia. Ivana adalah kebahagiaannya dan Ia pun membuktikannya. Hugh memperjuangkan Ivana dan kebahagiaan mereka sampai akhir *jarang-jarang nih cowok kayak gini*. Keindahan dari novel ini adalah dua orang yang tak sempurna namun ketika mereka bersama, mereka menjadi luar biasa sempurna dengan cintanya…

~ There’s nothing impossible when have someone who love you the way you are.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s