BOOKS

THE RISING STAR: “Ketika cinta harus memilih…”

150223153055_Cover 300x450 - Amore- The Rising Star_tnPengarang : Angelique Puspadewi | Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama, 2015 | Halaman : 232 halaman | Genre : Romance, Drama | Rating : 6.0

“Secara singkat, Alexa akan menggugat Juna karena kehamilannya.” Rencana Mister Junot selanjutnya bagai petir yang menyambar telinga Alexa. Shit! Meski hanya pura-pura, sungguh ia tidak rela. Apalagi demi pria sombong itu. Eergh.. Skandal kehamilan bukan hal biasa bagi perempuan lajang seperti dirinya, Apalagi papa cukup disegani di kompleks tempat Alexa tinggal. Bagaimana ia menjelaskan? Tetapi jika menyerah sekarang, semua yang ia lakukan sia-sia. (Bab satu)

RR Production, tempat dimana Alexa dan Juna bernaung sebagai artis akan menciptakan drama skandal dengan tujuan untuk menaikkan pamor Juna, artis ganteng yang super menyebalkan. Skandal tersebut juga akan melibatkan Bara, caleg yang merupakan pangeran mahkota Artha Cahaya a.k.a konglomerat tajir yang juga butuh pemberitaan demi kampanyenya. Jika drama skandal ini berhasil maka pamor Alexa, Juna, dan Bara akan melambung dan mereka akan menjadi The Rising Star. Semuanya berjalan dengan baik, sampai satu malam Alexa hanagout di pub sampai teler dan terbangun di kamar hotel. Sialnya ia mengalami gejala seperti yang dialami oleh perempuan hamil sungguhan dan ia tidak tahu dengan siapa ia tidur malam itu. Disisi lain, Juna dan Bara yang terpesona dengan sikap blak-blakan dan kejutekan Alexa akhirnya sama-sama menyukai Alexa. Dalam drama skandalnya, Juna dan Bara akhirnya memutuskan untuk membantu Alexa. Bagaimanakah akhir skandal tersebut? Benarkah Alexa hamil? Mampukah Alexa memilih antara Juna atau Bara ketika hatinya memilih seorang yang terlarang?

Sebenernya menurut gw, dari segi ide cerita novel ini punya potensi untuk jadi cerita yang menarik namun sayangnya sejalan penjabarannya, plot ceritanya menjadi kurang fokus dan terkesan telenovela banget. Penggambaran karakter Alexa dan Arya sudah pas hanya saja untuk karakter Juna dan Bara agak terkesan kurang kuat. Karakter Juna, menurut gw terlalu cepat berubah. Dari yang super sombong, ga ngelirik Alexa sama sekali, begitu di judesin sekali langsung jadi suka.. kan ga masuk akal banget gitu. Sama dengan Juna, karakter Bara disini juga meleleh begitu dijudesin sama Alexa. Well, dalam konteks Bara gw rasa masih masuk akal secara Bara lahir dari keluarga dengan sendok emas, semuanya keturutan, ga ada yang berani nolak ato nge-judes-in dia.. otomatis begitu ketemu sama cewek “kereng” aka judes, Bara langsung terpana. Kelihatannya tipe cewek yang disukai oleh pemeran pria (Juna dan Bara) adalah tipe cewek judes… terbukti kejudesan Alexa mampu membuat mereka jatuh cinta.

Sosok Alexa: tegar, kuat, tegas, cantik, menarik, dan calon artis mungkin merupakan impian tiap cewek kali ya… Hanya saja ia menyimpan cinta terlarang untuk kakak angkatnya sedari kecil, Arya.. Alexa harap-harap cemas menanti siapakah yang akan menjadi pacar dan istri Arya nantinya namun ia hanya bisa menyimpannya dalam hati dan menangis diam-diam. *dilema cinta sepihak, terlarang lagi.. hhhhhhh…*  Alexa adalah tipe wanita pejuang. Ia bekerja keras demi membangun karirnya dan demi untuk pengobatan papanya. Kegigihan Alexa jelas digambarkan ketika ia memutuskan untuk tetap bekerja dan menunda operasi atas penyakit yang dideritanya.

 Sosok Arya: bertanggung jawab, tekun, ulet, rela berkorban demi sesuatu yang dianggapnya berharga. Sosok pria yang dewasa banget. Super protektif terhadap adiknya, Alexa. Namun ternyata, dibalik sikap protektifnya, Arya juga menyimpan rasa yang sama dengan Alexa. Ia mencintai Alexa. Rasa bahagia ketika mengetahui bahwa ternyata perasaan mereka bersambut harus pupus karena terjerat tali kekeluargaan. Walaupun bukan saudara kandung, namun mereka tak berani mengambil resiko maju karena kondisi papanya yang lemah.

Kalau ada karakter yang membuat gw terkesan setengah mati disini, itu adalah karakter Arya. Sosok pria yang dari awal sudah berani berkorban demi keluarganya.. Arya bekerja mati-matian, menghemat uangnya demi pengobatan papa dan penghidupan keluarga mereka. Belum lagi melihat betapa ia bekerja keras mengumpulkan uang agar Alexa tidak perlu terlibat dalam skandal murahan. Disini Arya mengambil banyak keputusan-keputusan berat, meninggalkan keinginan pribadinya dan memilih kebahagiaan Alexa dan papanya diatas kebahagiaannya sendiri, walaupun itu termasuk untuk menyerah atas cintanya sekian lama pada Alexa dan menerima sosok wanita lain yang tidak ia cintai sebagai istri. *ini makhluk langka di jaman sekarang ini…*

Ending cerita dibuat apik, semua bahagia. Termasuk Alexa yang akhirnya membuka hati untuk Juna, yang telah berubah. Namun sayangnya sebagai pembaca gw kurang bisa merasakan “keromantisan” alias chemistry antara mereka berdua, jadinya kurang mantap gitu.. Keberanian Bara mau memperjuangkan cintanya kepada Alexa juga patut diacungi jempol sayangnya ia harus menyerah kalah. Terlahir sebagai orang kaya, Bara harus menjunjung tinggi tradisi “pasangan harus berasal dari keluarga sepadan” dan Bara sadar bahwa kehidupan Alexa akan lebih bahagia bila tidak bersamanya.

~ when love has to choose…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s