MOVIES

BLOOD: “The angel side of a Vampire”

photo561706

Pemain utama : Ahn Jae Hyeon [Park Ji Sang] | Ku Hye Sun [Yoo Ri Ta] | Ji Jin Hee [Lee Jae Wook] | Jung Hae In [Joo Hyun Woo] | Kim Kap Soo [Yoo Seok Joo] | Son Soo Hyun [Min Gae Yeon] | Jin Kyung [Choi Kyung In] | Sutradara: Ki Min Soo | Penulis : Park Jae Bum | Network : KBS

Genre: Romance, Action, Thriller, Fantasy, Medical | Episode : 20 | Rating : 7.9

Drama Blood bercerita tentang seorang Vampir bernama Park Ji Sang yang berprofesi sebagai dokter bedah. Terlahir dari orang tua yang terinfeksi virus VBT-01, Park Ji Sang juga akhirnya harus menerima kenyataan bahwa dirinya bukanlah manusia biasa melainkan Vampir. Sedari kecil, Park Ji Sang yang hidup bersama Ibunya – Ayahnya terbunuh demi menyelamatkan mereka berdua – bercita-cita menjadi manusia yang mempunyai kehidupan normal. Setelah kematian Ibunya – dibunuh oleh sekawanan yang juga membunuh Ayahnya – Park Ji Sang bersama Joo Hyun Woo bertekad mencari solusi untuk mengatasi virus VBT-01 yang telah menyebabkan banyak orang terinfeksi. Di tengah prosesnya, Park Ji Sang bertemu dengan dokter Yoo Ri Ta –yang ternyata merupakan gadis kecil yang dulu pernah diselamatkannya di hutan – yang merupakan ahli waris dan keponakan dewan yang bekerja di rumah sakit yang sama. Bersama, mereka harus menghadapi direktur Lee Jae Wook yang ternyata adalah seorang Vampir dari masa lalu yang berambisi untuk menciptakan obat yang bisa membebaskan manusia dari segala penyakit. Walaupun apa yang dilakukan Lee Jae Wook terlihat sangat manusiawi namun perbedaan ideologi dan prinsip kemanusiaan akhirnya membuat Park Ji Sang menentang perbuatan Lee Jae Wook. Mampukah Park Ji Sang menang melawan Lee Jae Wook membuat dunia menjadi bebas terinfeksi virus VBT-01 (Vampire Basic Type-01)? Apakah ia bisa mewujudkan mimpinya manjadi manusia dan hidup bersama Yoo Ri Ta?

“Blood” menurut gw menyajikan sesuatu yang berbeda dari drama-drama korea biasanya, yaitu kisah cinta seorang Vampir dan manusia. Ide cerita tentang seorang Vampir yang notabene haus darah menjadi dokter bedah yang setiap hari harus melihat darah? Well, very interesting, don’t you think?! Bersetting rumah sakit, di film ini kita banyak diberikan pemandangan dan istilah-istilah medis.

stills-drama-Blood-teaser-vidéo-1-Ahn-Jae-Hyun Blood-Korean-Drama-2015_5
Park Ji Sang – karakter utama yang merupakan seorang Vampir. Nasibnya sebagai vampir membuatnya menghabiskan hidup sebagian besar sebagai orang yang anti-sosial. Dengan obat yang dibuat oleh Hyun Woo, ia mampu terkendali saat melakukan operasi yang melibatkan darah. Walaupun ia seorang vampir, tapi ia memiliki hati yang sangat manusia. Oleh karena itu ia sangat menentang ambisi Direktur Lee Jae Wook yang menggunakan pasien sebagai bahan eksperimennya. Cita-citanya adalah ingin hidup sebagai manusia dan mencintai sebagai manusia. Bersama Hyun Woo, dokter Yoo Ri Ta, dan dokter Jung Ji Tae, ia berusaha menemukan vaksin VTH (Vampire To Human) yang bisa menyembuhkan orang-orang yang terinfeksi virus VBT-01 (Vampire Basic Type-01) yang ditemukan oleh Profesor Jung. Menurut gw, Ahn Jae Hyeon sukses memerankan karakter sebagai Vampir yang dingin dan tanpa ekspresi. Aksinya dalam adegan berkelahi pun not bad. Cuma gw kurang bisa merasakan aura kehangatan yang seharusnya terpancar dari sisi kemanusiaannya pada episode terakhir-terakhir.. atau itu cuma perasaan gw karena sebenernya ia harus selalu bermuka dingin?

Blood-Korean-Drama-2015_2Yoo Ri Ta – dokter bedah dan ahli waris dari rumah sakit TMCH (TaeMin Cancer Hospital). Sebagai cewek yang kehilangan orang tuanya sejak kecil, ia tumbuh bergantung dari kasih saying suster Sylvia dan pamannya, Yoo Seok Joo. Sebagai ahli waris dan keponakan dari komisaris RS, ia tumbuh menjadi pribadi yang arogan, penuh percaya diri, dan gengsian. Ia adalah orang yang pertama kali mengetahui bahwa Park Ji Sang bukanlah manusia. Namun ia menjaga rahasia tersebut dan akhirnya menyukai Park Ji Sang. Karakter Yoo Ri Ta ini menurut gw sangat sulit, ia harus menerima kenyataan bahwa orang-orang yang dipercayai dan dikasihinya mengkhianatinya. Paman dan Bibinya ternyata terlibat dalam pembunuhan kedua orang tuanya, dan Bibinya pun berniat untuk melenyapkannya. Saat terakhir pun ia harus kehilangan Park Ji Sang. Dalam beberapa scene awal, gw merasa akting Ku Hye Sun kurang maksimal (tidak sebagus aktingnya sebagai Geum Jan Di di Boys Over Flowers) namun membaik pada episode-episode berikutnya.

BLOOD KOREAN DRAMA (1)Lee Jae Wook – Ini karakter yang biking gw terkagum-kagum akan aktingnya sebagai Vampir antagonis. Menurut gw, Ji Jin Hee sangat sukses memerankan direktur Lee Jae Wook, vampir yang seharusnya mempunyai hati baik namun karena ambisinya yang salah akhirnya menyebabkan ia melakukan kejahatan dan kehilangan hati kemanusiaannya. Well, mungkin ambisinya untuk menciptakan dunia dimana manusia bebas penyakit dan berumur panjang mungkin ga salah namun disini ia mencoba menjadi Tuhan yang bisa mengatur hidup-matinya seseorang dan itu salah. Dengan aktingnya dan karismatiknya yang luar biasa membuat karakter Lee Jae Wook sebagai Vampir menonjol dan hidup dari awal sampai akhir. Awesome!

Blood-Korean-Drama-2015_12photo570784
Karakter Joo Hyun Woo dan Min Ga Yeon sebagai pendukung pun cukup bagus, terutama Hyuun Woo. Sebagai teman dekat dan peneliti pribadi, gw rasa ia adalah orang yang paling berjasa buat Ji Sang. Dari menciptakan obat agar Ji Sang bisa melakukan operasi sampai menemukan vaksin VTH-17 yang akhirnya berhasil semua adalah kerja kerasnya. Dengan karakternya yang ceria dan humoris, ia membawa aura segar diantara para pemain yang semuanya hampir tanpa ekspresi. Sayangnya diakhir cerita ia harus mati mengenaskan terbunuh *sumpah, gw nangis pek pas adegan dia terbunuh, terus juga pas dia meninggalkan video dirobot Luuvy buat Ji Sang. Sueedihh banget!

Karakter Min Ga Yeon kuat pada saat-saat terakhir dimana ia terjebak dilema karena posisinya sebagai vampir yang harus menuruti perintah direktur Lee Jae Wook untuk membunuh Yoo Ri Ta (karena ia diselamatkan oleh darahnya sewaktu kecil) dan hati nuraninya sebagai manusia yang mengetahui bahwa ini salah. Namun akhirnya ia memilih untuk menuruti hati nuraninya dan terbunuh melindungi Park Ji Sang.

CDK2CNyWgAAaCTlBagian dimana Park Ji Sang akhirnya meninggal dibuat sangat dramatis dan indah. Park Ji Sang yang terluka parah akhirnya merelakan tubuhnya sebagai sarana pengembang-biakan untuk membuat vaksin VTH-17. Sesuai dengan keinginannya untuk melihat matahari fajar sebelum ia meninggal, ia pun meninggal dalam pangkuan Yoo Ri Ta di atap rumah sakit sambil memandang matahari terbit. Indah tapi sekaligus menyedihkan… Tapi itu bukan endingnya.. Endingnya mengambil setting di Republic of Kochenia dimana Yoo Ri Ta akhirnya berkunjung untuk memberikan boneka dan surat Park Ji Sang kepada gadis kecil bernama Young Hee (yang pernah diselamatkannya dulu), disana kemudian ia diserang oleh segerombolan Vampir dan pada saat itulah muncul seorang vampir yang well bermuka sama seperti Park Ji Sang menolongnya. The end. Tidak dijelaskan gimana kelanjutannya, tapi gw rasa penulis ingin kita berimajinasi sendiri gimana akhirnya mereka berdua…
So far, walaupun ada beberapa kelemahan pada karakter-karakter kuncinya dan bagian ending yang agak aneh *secara masak ada orang yang sama persis muncul lagi? namun ide cerita yang unik dan akting mengesankan dari Ji Jin Hee sebagai peran antagonisnya mampu membuat film ini cukup menonjol. Apalagi tidak hanya sekedar menampilkan sisi romance, namun lebih kearah thriller dan action membuat film ini at least tidak membosankan..

~ sometimes there is a price to pay for  fullfiling a dream

Advertisements

2 thoughts on “BLOOD: “The angel side of a Vampire”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s