MOVIES

LOVE WEAVES THROUGH A MILLENIUM: “I have loved you for 2000 years”

xILuhPemain utama : Jing Bo Ran [Gong Min] | Zheng Shuang [Lin Xiang Xiang] | Xie Yi Lin [Jin Jing] | Chen Xiang [Wang Mang] | Huang Bo Jun [Han Yu Fei] | Zhou Yu Tong [Ying Yue] | Network : Hunan TV

Genre: Romance, Historical, Action, Fantasy | Episode : 24 | Rating : 8.3

Love Weaves Through A millennium garis-miring Love Across Time garis-miring Love Through Thousands of Years (*ini judul apa istilah biologi? Panjang banget! Hehehe) merupakan drama cina yang diangkat dari drama korea romantis yang berjudul Queen In Hyun’s man, yang bercerita tentang kisah cinta dua manusia yang berbeda jaman/era. Bersetting 2000 tahun silam dan tahun 2015, film ini bercerita tentang seorang sarjana kekaisaran yang secara tidak sengaja berteleport ke masa 2000 tahun kedepan, yaitu tahun 2015 karena giok yang ia dapatkan dari saudara seperguruannya. Disitulah ia bertemu Lin Xiang Xiang, seorang artis pendatang yang baru saja mendapatkan peran sebagai permasuri Xu kerajaan Han. Di masa depan, Gong Ming yang mempunyai misi untuk menyelamatkan permasuri Xu akhirnya menyadari bahwa ia mungkin bisa mengubah sejarah. Seperti keinginannya mengubah sejarah, Ia juga menyadari bahwa pertemuannya dengan Xiang Xiang bukanlah suatu kebetulan melainkan sebuah takdir. Akhirnya rasa cinta pun muncul diantara mereka. Namun sebelum sempat menikmati manisnya cinta, Gong Ming harus dihadapkan pada hukuman mati karena menggunakan ilmu sihir dijamannya. Apakah ia bisa kembali lagi pada Xiang Xiang? Bagaimanakah sejarah yang terus berubah karena perbuatan Gong Ming? Dan apakah akhirnya cinta berbeda jaman ini mempunyai kesempatan untuk bersatu selamanya ketika giok yang mampu “melampaui waktu” tersebut rusak karena pemiliknya meninggal dunia?

Melihat ceritanya, sudah jelas drama ini ga masuk akal banget. Mana ada seseorang yang bisa “meloncat” atau teleport 2000 tahun ke masa depan? Namun justru karena ke-tidakmasuk-akalan itulah yang menjadi drama ini menarik untuk ditonton. Drama ini versi Cina dari drama korea yang telah main sebelumnya. Gw harus bilang, ini drama not bad at all! Biasanya drama yang merupakan ulangan dari versi lainnya ga akan bisa mengungguli drama yang pertama kali muncul. Tapi, gw salut karena drama ini pun mampu menyajikan sesuatu yang berbeda walaupun dengan konsep dasar yang sama, EVEN BETTER.

1114392817_14240725951611n Gong Ming, yang diperankan oleh Jin Bo Ran merupakan karakter protagonist yang cukup kuat. Penggambarannya sebagai karakter terpelajar yang berasal dari masa lalu menurut gw benar-benar sempurna: dengan tingkah lakunya yang elegan, kharismatik, tenang, kalem, diselingi dengan pandangannya yang kuno, menjadikannya sangat berbeda dengan orang-orang di tahun 2015. Namun setelah ia “terdampar” di masa depan, ia mampu menyesuaikan diri dengan cepat. Gong Ming akhirnya menyadari bahwa giok yang dimilikinya sangat berharga. Dengan itu, ia bisa dengan bebasnya berteleport ke masa depan, mempelajari sejarah masa lalu dan menggunakannya untuk mencari strategi demi mempertahankan kedudukan permasuri Xu. Perjumpaannya dengan Xiang Xiang yang selalu membantunya dalam semua hal membuatnya jatuh hati padanya. Namun sebagai pejabat kerajaan ia mendahulukan tugasnya daripada hatinya. Walaupun sempat dilemma, Pada akhirnya ia pun memilih Xiang Xiang dan menetapkan hati untuk melepaskan hidupnya di jaman lalu untuk hidup di tahun 2015 bersamanya *Sumpah, gw jatuh cinta sama ini orang, dengan hatinya yang begitu tampan setampan mukanya. Jarang-jarang ada pria yang rela melepaskan dunianya demi cewek yang dicintainya.. yah namanya drama, semuanya mungkin.. Jin Bo Ran sukses memerankan seorang pria idaman semua wanita yang memiliki hati setampan wajahnya dan membuat penontonnya menjerit iri pada Xiang Xiang.

408x600_6Lin Xiang Xiang, diperankan Zheng Shuang adalah karakter cewek ceria, baik, ptimis, mandiri, pemberani, namun super cerewet (*jujur gw sempet pusing dan annoyed dengerin gaya bicaranya dia yang kaya burung cit cit cuitnya. Tapi setelah beberapa kali nonton drama cina, gw rasa mayoritas emang seperti itu). Perjumpaannya pertama kali dengan Gong Ming membawanya ke perjumpaan-perjumpaan selanjutnya sampai akhirnya Xiang Xiang menyadari perasaannya dan menciumnya pertama kali. Status kisah cintanya terjebak antara mantannya, Han Yu Fei yang terus mengejarnya dan ingin memulai kembali dan Gong Ming yang selalu membuatnya cemas karena ia tidak bisa berbuat apa-apa selain menunggunya. Sebenarnya ia adalah seorang cewek yang baik namun dalam sebuah hubungan ia menuntut Gong Ming untuk bisa berada disisinya terus (*well, gw pikir semua cewek samalah ya pasti ingin cintanya berada disisinya terus).

2015011618164829e56_550Wang Mang, yang diperankan oleh Chen Xiang sumpah merupakan karakter yang menyedihkan, Hidupnya tak lepas dari kepahitan dan keputusan-keputusan sulit yang harus dijalaninya. Karena Gong Ming dan keluarga Wang berbeda jalan mereka akhirnya harus bermusuhan meskipun mereka adalah teman sejak kecil. Persahabatannya denga Ying Yue dan Gong Ming, teman yang telah dianggapnya sebagai saudara harus hancur dan mereka mejadi musuh karena ambisinya. Namun sesungguhnya Wang Mang selalu berusaha melindungi Gong Ming dengan terselubung. Wang Mang menyimpan cinta terhadap Ying Yue yang sayangnya menyukai Gong Ming dan menjadi pengawalnya. Ketika Ying Yue dan Ibunya meninggal dunia, ia merasa dunianya pun hancur. Tidak diceritakan bagaimana ia akhirnya namun menurut sejarah ia akhirnya meninggal dunia dalam usia muda.

8781593559535802713Han Yu Fei, mantan pacar Xiang Xiang yang diperankan Huang Bo Jun adalah seorang aktor yang sedang naik daun. Dulunya ia adalah seorang playboy namun ia menyadari bahwa ia sangat mencintai Xiang Xiang sehingga ia membantunya agar Xiang Xiang mendapatkan peran permasuri Xu. Jujur gw melihat karakter Yu Fei ini ga ada kharisma sama sekali sehingga kurang berkesan dan membuatnya kalah jauh dari Gong Ming.

3838709802632155391Ying Yue, diperankan oleh Zhou Yu Tong adalah pengawal sekaligus saudara seperguruan Gong Ming. Ying Yue lah yang memberi giok kepada Gong Ming dengan harapan giok tersebut dapat meliindungi Gong Ming. Ia menyimpan cinta terhadap Gong Ming sejak lama namun ia tidak menyadari bahwa Wang Mang sebenarnya juga menyimpan rasa padanya. Demi Gong Ming ia rela melakukan apapun termasuk menyerah akan perasaannya. Gw salut akan karakter Ying Yue ini, sebagai cewek yang tegar, tabah dan kuat. Dari Ying Yue gw bisa melihat cinta sejati: ia menolak lamaran Gong Ming – yang pada saat itu lupa ingatan – karena ia tahu Gong Ming mencintai Xiang Xiang. Ia merelakan cintanya agar Gong Ming bisa berbahagia dengan Xiang Xiang walaupun sebenarnya ia patah hati, dan ia juga merelakan nyawanya demi melindungi Gong Ming.

54d4923c1450d704_1551044_16848954b390f9e926f704_1528021_327545

Well, secara keseluruhan film ini buat gw oke banget buat ditonton. Selain humor-humor kering yang merupakan tipikal drama cina, film ini menurut gw ga kalah sama versi aslinya. Inilah kisah cinta dua insan dari dunia, jaman, dan waktu yang berbeda. Super romantis karena cinta Gong Ming pada Xiang Xiang adalah cinta selama 2000 tahun. Karakter kuat dari Gong Ming dan Lin Xiang Xiang mampu membuat gw lengket di sofa berjam-jam. Ada dua scene yang paling berkesan buat gw dari film ini:

1. Scene ketika Gong Ming menyadari bahwa ia tidak mungkin bisa kembali lagi ke tahun 2015, sebelum menghancurkan giok ia menulis surat cinta buat Xiang Xiang. Surat cintanya itu sangat menyentuh dan puitis banget. Gila, surat cintanya itu ga hanya buat Xiang Xiang nangis tapi buat gw nangis bombay..

“Duniamu dan duniaku berbeda, tak boleh ada kaitan. Jika ada ucapan tak tahu sampai kapan kenangan ini bertahan. Andai ada kehidupan mendatang biarlah aku mati dengan tenang. Andai tiada kehidupan mendatang aku akan mengenangmu dan mati dengan tenang.”

2. Scene akhir ketika akhirnya Gong Ming memutuskan untuk bunuh diri. Dari jembatan Ia pun melemparkan tali merah ke sungai dan loncat. Pada saat yang sama, Xiang Xiang pun berada melintas di jembatan tersebut secara tidak sengaja melihat tali merah mengambang di sungai. Lalu ia pun meloncat ke sungai untuk menyelamatkan Gong Ming. Secara ajaib Gong Ming akhirnya bisa kembali ke tahun 2015 dan mereka pun bersama lagi.

“Mungkin aku bisa balik kemari karena bantuanmu. Cinta Xiang Xiang terhadapku telah melampaui sang jaman dan waktu. Yang Kuasa terharu dan timbullah keajaiban.”

~ Sometimes love can create a miracle. Just believe and have faith on it.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s