MOVIES

CRUEL ROMANCE: “Love, Money, and Power”

錦繡緣華麗冒險繾綣擁抱版海報Pemain utama : Joe Chen [Rong Jin Xiu/Yang Zi] | Huang Xiao Ming [Zuo Zhen] | Kimi Qiao [Xiang Yin Dong] | Qi Ji [Qian Tian Long Yi/Maeda Ryuichi| Lu Jia Rong [Yin Ming Zhu] | Tse Kwan Ho [Xiang Han Chuan] | Yang Le [Shi Hao] | Cai Jun Tao [Tang Hai] | Penulis : Yuan Shuai | Produser : Huan Ye & Huang Bin | Director : Lin He Long | Network : Hunan TV

Genre: Romance, Historical, Action, Drama| Episode : 40 | Rating : 9.5

Diangkat dari novel jaman Republikan yang berjudul “The Fate of Jinxiu”, Cruel romance adalah drama Cina yang bercerita tentang perjalanan hidup seorang gadis desa bernama Rong Jinxiu. Berasal dari keluarga dokter terkenal di pronvinsi ZhenJiang, Rong Jinxiiu dibesarkan dalam keluarga yang penuh kasih sayang dan berkecukupan. Suatu malam mengubah nasibnya, karena menyelamatkan gurunya, Jinxiu harus menerima kenyataan bahwa seluruh keluarganya dibunuh oleh pasukan yang tak dikenal. Sebelum meninggal, gurunya memberikan misi kepadanya yaitu menyerahkan jam saku ke sebuah gereja di Shanghai. Jinxiu akhirnya memutuskan untuk pergi ke Shanghai untuk mencari penyebab dan membalas dendam atas kematian orang tuanya serta mencari keberadaan kakak perempuannya yang telah 14 tahun menghilang.
Dalam perjalanannya Jinxiu secara kebetulan bertemu dengan Zuo Zhen, salah satu ketua yang sangat berpengaruh di Shanghai. Setelah beberapa salah paham dan kecelakaan akhirnya Zuo Zhen menyadari bahwa Ia menyukai Jinxiu namun sayangnya Jinxiu hanya menganggapnya sebagai teman. Zuo Zhen tidak menyerah, Ia terus membantu Jinxiu dibelakangnya dalam kehidupan dan perkerjaannya. Jinxiu akhirnya menemukan kakak perempuannya, Ming Zhu yang telah menjadi salah satu selebritis terkenal dan kekasih dari Tuan Xiang Han Chuan ketua perkumpulan dagang di Shanghai. Namun karena kebenciannya terhadap keluarga Rong yang telah membuang dia dan Ibunya kejalan, Ming Zhu membenci Jinxiu dan ingin mengusirnya dari Shanghai. Sementara itu, Xiang Yin Dong adik dari Xiang Han Chuan mencintai Ming Zhu. Disisi lain, Shanghai harus menghadapi ambisi orang-orang Jepang yang didalangi oleh Qian Tian Long Yi (Maeda Ryuichi) dan gurunya yang ingin menguasainya. Qian Tian Long Yi pernah memiliki kekasih yang bernama Yang Zi, yang wajahnya sangat serupa dengan Jinxiu. Percaya Yang Zi kembali untuknya, Qian Tian Long Yi berusaha untuk memiliki Jinxiu apapun caranya. Demi menguasai Shanghai dan Jinxiu Ia harus berhadapan dengan Zuo Zhen. Ketika Jinxiu menyadari perasaannya pada Zuo Zhen mereka dalam keadaan hidup dan mati, apakah Jinxiu dan Zuo Zhen bisa bersatu? Apakah hubungan Jinxiu dan Mingzhu bisa seperti dulu lagi? Lalu bagaimana hubungan cinta segitiga antara Ming Zhu dan kakak beradik Xiang?

Wooaa… Ini film epic yang patut di tonton!! Bersetting dikota Shanghai lama tahun 1930-an membuat film ini terasa klasik. Pertama gw pikir film ini bakalan membosankan apalagi dengan episodenya yang luaar biasaa ajubilah: 40 episode tapi begitu mulai nonton, jalan ceritanya mengalir dan gw pribadi punya kenangan sendiri tentang Shanghai sehingga membuat gw tambah kesengsem. Selain karena nostalgia gw, memang cerita yang disajikan film ini memang menarik dan lagi penghayatan karakter tokoh-tokohnya sangat hidup.

W020131231367573464053Karakter Zuo Zhen yang dibawakan oleh Huang Xiao Ming bakalan buat penontonnya terkapar penuh cinta termasuk gw sendiri. Zuo Zhen yang digambarkan begitu memegang erat perasaannya pada Jinxiu rela melakukan apapun menjaganya dari belakang agar ia bisa bertahan hidup di Shanghai, mulai dari mencarikannya pekerjaan, membeli rumah untuk dia, melindunginya diam-diam, dll. Ga ada yang ga bisa ia lakukan untuknya walaupun Jinxiu belum menyukainya. Walaupun sifatnya yang kaku, keras kepala, dingin namun sebenarnya hatinya lembut dan penuh sayang bahkan ia rela menunggu Jinxiu kembali saat ia menghilang. *Jiaah sapa yang ga mau jadi Jinxiu dicintai mati-matian kaya gitu? Dingin-dingin tapi lembut, karakternya mengingatkan gw sama Dao Ming Tse asal dirayu dikit dah leleh dia kaya marsmellow…

14db9ec2Joe Chen berhasil membawakan karakter Rong Jinxiu yang polos, naif, ceria, dan optimis sesuai dengan pembawaannya sebagai nona besar. Walaupun dibalik sikapnya yang super-gengsi-tapi-butuh dihadapan Zuo Zhen, tapi justru itulah yang membuat film ini segar dan lucu disela-sela sisi action-nya.

100200886598_498940_1010Karakter Xiang Han Chuan. Pertamanya sih memang karakter dia biasa-biasa saja sebagai ketua perkumpulan dagang memang sudah pasti berkharisma tapi yang buat gw terkesan adalah pada bagian akhirnya dimana ia rela mengorbankan segalanya termasuk hidupnya demi seorang wanita. Ia bahkan tidak menyalahkan melainkan menyuruhnya untuk hidup sesuai dirinya bukan untuk orang lain, mencari kebahagiaannya sendiri. Xiang Han Chuan juga merupakan kakak terbaik untuk Xiang Yin Dong. Walaupun terlihat tegas tapi sebenarnya ia sangat sayang pada adiknya. *gw sampek mewek-mewek Bombay pas adegan dia berpesan kepada Ming Zhu dan Yin Dong untuk terakhir kalinya bahkan sampe adegan flashbacknya juga.

tumblr_nlc9lgtfSi1qf9sfao1_1280Karakter Shi Hao dan Tang Hai, dua bawahan terpercaya Zuo Zhen. Walaupun tidak semenonjol tokoh utamanya namun keberadaan mereka tetap berkesan. Shi Hao yang dingin dan introvert terhadap wanita dan Tang Hai yang agak feminim tapi playboy, mereka berdua setia dan kompak dalam melayani tuannya. Mereka berdua berbeda tapi mampu melengkapi satu sama lain. *Lagi-lagi gw mewek bombay saat Tang Hai meninggal, gw sampe ikut merasakan sedihnya.

2014590309593564551Gw paling ga suka sama karakter Ming Zhu, menurut gw kebencian Mingzhu terhadap Jinxiu tidak beralasan. Alasan Ia dan Ibunya diterlantarkan bukanlah kesalahan Jinxiu. Tapi yang bikin gw sebel adalah sikapnya yang ga tau terima kasih, seringkali Jinxiu menyelamatkan dia tapi malah dicelakai. Tapi emang kenyataan kalo nasibnya menyedihkan sih. Menurut gw karakter Mingzhu ini ga stabil, karena kelihatan banget dari awal begitu benci Jinxiu tapi pada bagian ending tiba-tiba berubah jadi baik dan menolong Jinxiu.
633fd32bjw1ecmd2opytcj20dw0kuwfoXiang Yin Dong adalah karakter seorang pemuda yang ga tau apa yang ia mau, tidak dewasa, dan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Dibayang-bayangi oleh image kakaknya membuatnya merasa harus membuktikan diri namun sayangnya cara yang dipilihnya salah. Untungnya dibagian akhir, ia bisa berubah.

Img7532412_nQian Tian Long Yi adalah karakter yang menyedihkan. Ia hidup terjebak dalam cinta lamanya. Ironis. Soal kemampuan ia tak terkalahkan namun banyak kesempatan ia lepaskan hanya demi ambisi pribadinya, Jinxiu yang serupa dengan Yang Zi, kekasihnya yang telah meninggal.

20140121142309-242693015.jpg5 Fakta tentang film Cruel Romance

  1. Setting lokasi yang dibuat untuk syuting film ini merupakan salah satu lokasi terkenal dan sangat besar di Shanghai yang juga pernah dipakai untuk syuting film Kabut Cinta. Hampir menyerupai sebuah kota dengan bangunan-bangunan yang kuno lengkap dengan jalur keretanya.
  2. Demi menciptakan style Shanghai yang spektakuler secara khusus mengundang desainer terkenal dari Hongkong: Poling Ng untuk bertanggung jawab atas kostum para pemainnya. Ga heran menurut gw baju-baju film ini sangat bagus dan eksklusif.
  3. Vila yang digunakan untuk syuting film ini juga ga main-main, 100 juta RMB.
  4. Huang Xiao Ming menggunakan cincin antik yang berumur lebih dari seabad.
  5. Perhiasan berlian yang dipakai Rong Jinxiu juga bernilai lebih dari 10juta RMB dan beratnya sekitar 10 karat.
  6. Cruel Romance merupakan film kolaborasi kedua antara Joe Chen dan Huang Xiao Ming setelah Breaking the Waves yang dibuat tahun 2010.

So far film ini must-see movie bagi penggemar film drama Cina cuma menurut gw kelemahannya adalah pada bagian pengambilan gambarnya, perpindahan antara scene satu dengan yang lain dijaman kuno-nya kurang halus.

tumblr_n1dye7Nbmt1qcbeb5o1_500“Cinta terkadang bisa jadi racun tapi juga bisa seperti obat. Mencintai seseorang itu mudah tapi melupakan seseorang itu sulit. Kenangan mengalir bagaikan air, semakin ingin melupakannya maka semakin kuat kenangan itu bergerak. Semakin ingin melupakan maka akan semakin teringat.”
(Tuan muda Han – ep.32)

Advertisements

6 thoughts on “CRUEL ROMANCE: “Love, Money, and Power”

  1. Lagi nonton ni film, g sengaja beli sih. Dan ternyata, omg, suka banget…palagi ma zuozhen. Kelepek kelepek…maklum, pecinta karakter model dao ming tse…

    Like

    • Thank you for commenting.. Iya gue pertamanya jg biasa tapi begitu liat film ini dan zuozhen udah deh langsung meleleh klepek2 kaya ikan keabisan napas haha.. Gantengnya sama sikap posesifnya somhow malah keliatan jantan banget. Yup ala daomingtse banget tp kalo ganteng baik cintaaa siapa yang ga klepek klepek? 😉

      Like

  2. Udah jatuh cinta sama huang xiaoming di film My shunsine terus ga sengaja lihat cuplikannya cruel romance. Cari2 dpat. Zuozhen coplok.banget. keren. Penasaran kalau di remake versi koreanya

    Like

  3. Samaaa….saya juga suka bangeeett…sama karakter zuo zhen….kereen…cool abis…jatuh cinta deh…sampai saya ulang2 nonton kasetnya…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s