MOVIES

ONE WARM WORD: “Realita sebuah pernikahan”

one word poster.jpg

one word poster.jpg

Pemain utama : Han Hye Jin [Na Eun Jin] | Lee Sang Woo [Kim Sung Soo] | Ji Jin Hee [Yoo Jae Hak] | Kim Ji Soo [Song Mi Kyung] | Park Seo Joon [Song Min Soo] | Yoon Joo Sang [Na Dae Ho, Ayah Eun Jin] | Go Doo Shim [Kim Na Ra, Ibu Eun Jin] | Lee Chae Mi [Kim Yoon Jung] | Han Groo [Na Eun Young] | Park Jung Soo [Mrs. Choo, Ibu Jae Hak] | Choi Hwa Jung [Choi Anna] | Director: Choi Young Hoon | Screenwriter: Ha Myung Hee | Network : SBS

Genre: Romance, Melodrama, Family | Episode : 20 | Rating : 7.2

“Orang yang paling kasihan adalah orang yang tidak mempunyai seseorang di sampingnya untuk membantu mengangkatmu ketika Kau terjatuh.”

(Ayah Eun Jin)

Drama ini berkisah tentang realitas dan peliknya kehidupan pernikahan. Na Eun Jin dan Yoo Jae Hak adalah dua orang yang sama-sama telah menikah. Na Eun Jin menikah dengan Kim Sung Soo dan telah memiliki seorang anak perempuan bernama Kim Yoon Jung. Yoo Jae Hak adalah seorang suami dari Song Mu Kyung dan telah memiliki dua anak laki-laki yang beranjak remaja dan bersekolah di Luar negeri. Mereka berdua mempunyai kehidupan pernikahan yang berbeda. Kehidupan pernikahan Eun Jin-Sung Soo sedang berada diambang batas, mereka selalu bertengkar. Kim Sung Soo pernah berselingkuh dan kepergok oleh Eun Jin, sejak itulah Eun Jin meragukan cinta Sung Soo. Di lain pihak, pernikahan Jae Hak-Mi Kyung sebenarnya adem ayem namun dibalik itu sebenarnya pernikahan mereka hanya dilandasi cinta sepihak Mi Kyung terhadap Jae Hak. Pertemuan Jae Hak dengan Eun Jin yang kebetulan bertugas untuk mewawancarainya ternyata menumbuhkan perasaan cinta di antara mereka berdua, dan mereka pun diam-diam menjalin hubungan. Hubungan terlarang Eun Jin – Jae Hak membuat pernikahan mereka terancam buyar. Celakanya, perselingkuhan itu juga mempengaruhi kehidupan dan kebahagiaan orang-orang sekitar mereka terutama adik perempuan Eun Jin – Eun Young –dan Adik ipar Jae Hak – Min Soo –. Bagaimanakah Eun Jin harus bersikap terhadap suami dan keluarganya? Apakah pernikahan kedua belah pihak masih dapat dipertahankan?

Ini adalah salah satu drama kompleks yang pernah gue tonton. Sebenarnya drama ini bukan drama baru (2014) dan jalan ceritanya sih bisa dibilang simple, tentang perselingkuhan namun disini efeknya melebar dan tak terduga karena banyak pihak yang ikut terlibat. Gue percaya drama ini menggambarkan realita yang ada dan terjadi di masyarakat modern, dimana pernikahan yang baik dengan cinta mau tanpa cinta pun tak lepas dari bahaya perselingkuhan. Drama ini mengajarkan bahwa pernikahan harusnya dibangun atas dasar kepercayaan. Bila sekali ternoda rentan untuk pecah. Drama ini bercerita bahwa terkadang untuk mencapai happy ending kita harus melalui jalan yang berliku terlebih dulu. Oya, drama ini lebih cocok untuk penonton yang berusia 18+ karena banyak menyangkut pengertian tentang dunia pernikahan.

One_Warm_WordSBS2013-8Karakter Eun Jin menurut gue adalah karakter yang dilematis. Ia memendam luka karena perselingkuhan Sung Soo. Eun Jin tergoda pada sosok Jae Hak karena kepribadiannya yang dewasa dan kalem, hubungan terlarang mereka terasa damai. Tapi menurut gue Eun Jin sebenarnya baik karena Ia merasa bersalah dan selalui dihantui karena melakukan perselingkuhan, karena itu Ia memutuskan untuk mengakhirinya. Ia pun menerima segala konsekuensinya dan ia pun berusaha bertanggung jawab dengan menanggung semuanya sendirian. Untungnya Ia dikelilingi oleh keluarga yang baik dan supportif cuma jujur gue agak sebel sama cengengnya… harusnya Ia lebih kuat dan siap menghadapi semuanya karena Ia berani berselingkuh.

lee-sang-wooDilain pihak, Kim Sung Soo – suami Eun Jin menurut gue adalah pemicu Eun Jin berseligkuh dengan Jae Hak. Perselingkuhan kecil yang pernah Ia lakukan lima tahun lalu membuat pernikahannya diambang kehancuran. Tapi harus gue akui, Ia berusaha menebus dan memulai baru. Sung Soo sebenarnya bukan suami yang baik pada awalnya, namun Ia berusaha memperbaikinya. Well, tidak ada laki-laki yang sempurna dan ideal. Inilah realita! Walaupun Sung Soo marah hebat dan sakit hati karena Eun Jin berselingkuh, Ia masih mau mencoba kembali memulai baru karena cintanya pada Eun Jin, terlebih melihat pengorbanan Eun Jin padanya dimasa lalu.

A-Word-From-Warm-Heart-One-Warm-Word--Kind-Words_39Yoo Jae Hak, sosok pria dewasa, mapan dan sukses dengan kehidupan pernikahan yang sempurna bila dilihat dari luar. Namun didalamnya kosong dan hampa, kenapa? Karena Jae Hak tidak mencintai Mi Kyung – istrinya. Mereka menikah dan Jae Hak berpikiran bahwa cinta bisa dibina dan dipupuk sampai Ia bertemu dengan Eun Jin yang menggetarkan hatinya. Jae Hak tipe pria yang terfokus untuk bekerja dan semua terlayani, namun Ia tidak sensitif. Ketika perselingkuhannya terbongkar pun, Ia masih bisa bersikap biasa dan berkepala dingin, namun itulah yang membuat istrinya semakin frustrasi.

1471257_239280822900402_1915267729_nLain dengan Song Mi Kyung yang merupakan wanita tegar dan selalu mendahulukan kepentingan orang lain, selalu memendam dalam hati. Tapi akhirnya Ia pun meledak. Setelah apa yang ia lakukan untuk suami dan mertuanya selama 20 tahun, Mi Kyung tidak bisa menerima bahwa suaminya Jae Hak mencintai orang lain. *masuk akal sih kalo gue juga akan bersikap sama sih! Gue juga salut banget sama ini perempuan yang super sabar dalam melayani dan menghadapi ibu mertua yang berlidah tajam. Hebatnya dia masih bisa menutupi dan pura-pura bersikap baik didepan Eun Jin – yang berselingkuh dengan suaminya *bagian ini agak nyeremin sih menurut gue.

Memang perselingkuhan itu ga pernah baik, namun dalam drama ini kayanya justru karena perselingkuhanlah membuat kedua belah pihak bisa jadi berinstropeksi, at least mereka bisa mengeluarkan emosi/unek-unek terpendam mereka. Walaupun awalnya Eun Jin dan Jae Hak sama-sama mengalami masa-masa sulit dengan pernikahan mereka bahkan memutuskan untuk bercerai namun pada akhirnya toh semuanya justru membawa hasil yang baik. Masing-masing menemukan apa yang ingin dicarinya dalam pernikahan mereka. Well, memang terkadang untuk menuju akhir yang bahagia diperlukan jalan yang sulit dan berliku terlebih dulu. Itulah realitas hidup dan pernikahan bukanlah akhir yang selalu happy ending melainkan sebuah proses perjalanan hidup yang perlu usaha dari dua belah pihak.

~ Marriage is a journey for two people on one boat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s