MOVIES

THE FOUR: “Ketika Cinta berubah menjadi Dendam”

1516222221Pemain utama : Zhang Han [Leng Xue/Coldblood] | Yang Yang [Wu Qing/Heartless] | Mao Zi Jun [TieShou/Ironhand] | William Chan [ZuiMing/Chaser] | Janine Chang [Chu Li Mo] | Emma Wu [Ling Yi Yi] | Jia Qing [Ji Yao Hua] | Mickey He [An Shi De) | Howie Wang [ZhuGe Sheng Hou] | Jiang Yu Chen [Princess Zi Luo] | Wang Hai Yang [Yu Chun Tong] | Wang Shuang [Mu Xue] | Li Yi Xuan [Die Wu/Nang Gong Ru Yan] | Writter: Wen Rui An | Producer: Zhao Zhi Cheng (赵枳程), Tan Xin Guo (谭新国) | Director: Liang Shen Quan (梁胜权), Huang Jun Wen (黄俊文) | Screenwriter: Yang Lin Yan (杨林彦), Wang Zhang (王璋), Zheng You Qing (郑幼卿) | Network : Hunan TV

Genre: Romance, Action, Fantasy, Crime, Adventure | Episode : 48 | Rating : 7.0

Diangkat dari novel yang ditulis oleh Wen Rui An berjudul Shi Da Ming Bu, berkisah tentang departemen keadilan yang dipimpin oleh ZhuGe Sheng Hou dan empat orang muridnya dengan kemampuan kungfu yang luar biasa: Leng Xue (Coldblood), Wu Qing (Heartless), Tie Shou (Iron hand), dan Zui Ming (Chaser). Mereka direkrut oleh Kekaisaran Cina pada dinasti Ming untuk menjaga Ibukota dan menginvestigasi serta mengeksekusi segala kejahatan yang terjadi.

Suatu hari, Leng Xue tidak sengaja menyelamatkan seorang gadis muda. Dia dan beberapa gadis lainnya akan dikirim ke Istana untuk dijadikan selir Raja. Karena merasa simpati dengan gadis muda yang bersikukuh tidak mau menjadi selir itu, akhirnya mereka sepakat untuk membawa gadis itu ke departemen mereka dan mengganti namanya dengan Chu Li Mo. Leng Xue dan Chu Li Mo awalnya tidak memiliki hubungan yang baik, Leng Xue mengganggap Chu Li Mo sebagai pengganggu dan gadis manja, namun begitu Ia tidak bisa berhenti memikirkan gadis itu. Tak disangka Chu Li Mo mempunyai kemampuan untuk membaca pikiran dan hati seseorang, maka Zhu Ge Sheng Hou memutuskan untuk melatih Chu Li Mo agar bisa membantu keempat muridnya.

2013716161221g6iuePermasalahan mereka yang sebenarnya adalah menghadapi An Shi De, seorang pejabat yang mendendam pada Kaisar karena kematian kekasihnya, Die Wu. An Shi De sebenarnya adalah seorang pejabat sekaligus seniman yang lemah lembut dan baik hati. Ia jatuh cinta pada Die Wu pada pandangan pertama ketika melihat tariannya yang indah. Mereka pun memutuskan untuk menikah. Sayang, pada malam sebelum hari pernikahan mereka, Kaisar memanggil Die Wu untuk menari untuknya dan Die Wu tidak pernah kembali lagi. Sejak itulah Ia berubah dan terobsesi untuk membunuh Kaisar demi membalas dendamkan Die Wu. An Shi De berupaya menghancurkan Shi Da Ming Bu dan berkomplot dengan Liu Sia Men. Disisi lain, masing-masing personel pun mempunyai kisah cintanya yang rumit. Leng Xue – Chu Li Mo – Ji Yao Hua, Wu Qing yang masih tidak bisa “move on” dari Ru Yan, Tie Shou dengan Yi Yi, dan Zui Ming yang kewalahan mendapatkan cinta Zi Luo yang menyukai Leng Xue. Apakah mereka akan berhasil mengggagalkan rencana An Shi De plus antek-anteknya dan berakhir bahagia?

Wow… membahas soal film silat selalu berbuntut panjang karena yang disajikan ga cuma sekedar action namun juga dibumbui dengan percintaan, apalagi dalam film The Four ini, tokoh utamanya ga cuma satu atau dua melainkan banyak dan masing-masing mempunyai permasalahannya sendiri-sendiri. But overall, jalan cerita cukup oke walaupun ga bisa dibilang memuaskan seperti Prince Lan Ling *itu menurut saya loh… Namun tetap buat saya, setiap film ada pesonanya masing-masing, dan buat saya pesona untuk The Four ini terletak justru pada karakter antagonisnya, An Shi De. Bicara soal karakter pemain di The Four, karakter mereka bisa dbilang kontradiksi dengan nama atau julukan mereka.

zlojqs0w1vvLeng Xue (Coldblood).

Sesuai namanya merupakan sosok yang berdarah dingin dan tidak mengenal belas kasihan. Berasal dari klan serigala yang telah punah, Ia mempunyai racun yang bisa mengubahnya menjadi sosok monster pada malam bulan purnama. Pertemuannya dengan Chu Li Mo membuatnya mengenal cinta dan mengubah karakternya yang dingin menjadi hangat dan penuh perhatian walaupun awalnya ia memiliki kesulitan untuk mengekspresikan maksud hati yang sesungguhnya.

8PEGSELI00B70003Chu Li Mo.

Tipikal gadis dengan pembawaan baik hati, optimis, penuh semangat dan ceria. Chu Li Mo memilik bakat untuk membaca pikiran. Ia bisa mendengar dan mengerti percakapan binatang atau isi hati seseorang. Bertekad mencari Ibunya yang telah lama hilang.

20130325174956826097Wu Qing (Heartless).

Sesuai namanya harusnya Wu Qing merupakan sosok yang tidak berperasaan dan mungkin kejam. Namun sebaliknya, Ia adalah seseorang yang penuh dengan perasaan. Bila menyangkut profesionalitas, tak diragukan Wu Qing adalah seorang yang dapat diandalkan dengan rencana-rencananya. Namun bila menyangkut soal hati, Ia adalah seorang yang selalu hidup dalam masa lalu, terlambat menyadari dan tidak menghargai apa yang ada dihadapannya sampai Ia kehilangan (susah untuk “move on”).

20130325174958674819 Tie Shou (Iron Hand)

Kekuatan terbesarnya adalah pada tangannya yang sekuat baja. Tie Shou adalah tipikal pria pada umumnya: sedikit cuek namun setia kawan. Ia agak ga begitu “ngeh” soal perasaan atau cinta, namun setelah Ia mengenal Yi Yi, Tie Shou adalah seorang yang bisa diandalkan.

20130325174957805791Zui Ming (Chaser)

Ini salah satu karakter yang gue suka: dengan gayanya yang slebor, jahil, ceria, gengsi-gengsi mau, dan lucu. Ia merupakan penjaga Putri Kaisar sejak kecil dan memendam cinta padanya namun sayang Sang Putri tergila-gila pada image Leng Xue. Zui Ming pun berusaha mati-matian untuk mendapatkan perhatian Putri dengan segala upayanya. 201303289652772An Shi De.

Ini dia karakter favorit gue. Meskipun Ia adalah karakter Antagonis dan musuh utama tapi kesan pertamanya dalam peran An Shi De begitu memukau… *lebay ga sih gue?

An Shi De awalnya merupakan karakter baik namun setelah kematian kekasihnya, Die Wu – seorang penari – ia pun depresi dan akhirnya berubah 180 derajat menjadi sosok yang agak feminim namun jahat. Ia bertekad untuk membalas dendam atas kematian Die Wu. Yang gue suka disini adalah betapa dalam perasaannya pada Die Wu. Karena kepedihan dan kesedihan yang luar biasa, rambutnya memutih dan karakternya berubah menjadi lemah gemulai – yang gue pikir untuk mengenang kekasihnya – Tak hanya kharismatik, An Shi De sebenarnya sangat pintar dan cerdik. Segala plot kejahatan yang dilakukannya tidak pernah terlacak dengan mudah. Ia pun tak mengenal “kepercayaan” dan memanfaatkan segala yang ada untuk melancarkan usaha balas dendamnya. Gue ga seberapa mengenal aktor Mickey He yang memerankan sosok An Shi De tapi harus gue akui aktingnya dalam The Four ini luar biasa!

15042246233382260678Ji Yao Hua.

Sosok wanita yang baik dan lemah lembut, menomor-satukan perasaan diatas segalanya namun agak naif. Ji yao Hua memendam cinta pada Leng Xue sejak lama namun Leng Xue hanya menganggapnya sebagai adik. Yao Hua selalu berharap bahwa Leng Xue akan berpaling padanya setelah sekian banyak pengorbanan yang Ia lakukan untuknya. Namun ketika Leng Xue tidak memilihnya, Ia menjadi sakit hati dan terbakar cemburu sehingga berpaling pada An Shi De dan menjadi musuh. Sosok Ji Yao Hua merupakan sosok yang kasihan menurut gue.

5385865974592022059Bagian ending seperti biasa pada film-film silat umumnya, dibuat dengan kemenangan di pihak yang baik dan kekalahan dipihak yang jahat. Menurut gue kelemahan The Four ini terletak pada efek visualnya yang cukup parah dan jalan cerita agak melebar tapi overall, The Four bisa dibilang oke dan menghibur. Ada beberapa quote yang gue suka dari film ini (pada scene Wu Qing yang terus meratapi kematian Ru Yan):

“Lupakan penderitaan masa lalu biar bisa merasakan manis masa depan. Hidup ada penderitaan dan manis. Kurang salah satunya takkan sempurna.” (Mu Xue)

“Seperti teh ini, rasa pahitnya hanya pahit sesaat takkan pahit selamanya. Yakinlah semua pasti ada awal baru.” (Chu Li Mo)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s