BOOKS

LET ME BE WITH YOU: “Kau sempurna karena keberadaanmu yang membawa kebahagiaan”

24883350Pengarang : Ria N. Badaria | Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama, Januari 2015 | Halaman : 352 halaman | Genre : Romance, Drama | Rating : 7.8

Ini adalah kisah Kinanti dan Rivan. Dua insan yang sama-sama pernah mengalami dan sangat mengetahui arti kehilangan. Kinanti yang berusia 27 tahun mulai gerah karena selalu didesak keluarga besarnya untuk menikah. Sedangkan Rivan, sahabat kakak Kinanti, Harlan, yang merupakan penulis best-seller nasional merasa terganggu dengan banyaknya perhatian dari fans-fans yang mengaguminya. Rivan berasal dari keluarga broken home yang sangat merindukan kehangatan sebuah keluarga. Berada di antara keluarga Kinanti yang menerimanya dengan tangan terbuka, membuat Rivan menyetujui ide perjodohan antara dirinya dan Kinanti, seperti harapan Harlan dan keluarga besarnya. Menganggap pernikahan tersebut adalah solusi terbaik, Kinanti dan Rivan pun menyetujuinya.

Awalnya, mereka menikmati kebersamaan dan perlahan tapi pasti rasa cinta itu mulai menyelip di hati mereka. Sampai ketika Rivan mengetahui bahwa dirinya mengidap penyakit berbahaya. Rivan yang menganggap kenyataan ini akan menyakitkan buat Kinanti memilih untuk menyembunyikannya. Namun, rahasia itu akhirnya malah menghancurkan kepingan cinta yang telah mereka bina bersama.

Kesan gue untuk novel ini: Manis mengharukan! Gue selalu suka novel yang awalnya pura-pura ga suka akhirnya malah cinta beneran. Klise yah? Walaupun ending-nya mudah ditebak tapi gue tetep semangat bacanya. Menurut gue, ide cerita novel ini punya potensi jadi cerita yang spektakuler hanya saja eksekusinya kurang greget. Jujur di awal cerita gue merasa interaksi antara Rivan dan Kinanti cukup menarik dan cute. Rivan yang susah mengekspresikan diri dengan kata-kata walaupun Ia penulis novel best-seller dan Kinanti yang canggung membuat gue gemes-gemes sendiri, sampai pada kehidupan pernikahan mereka pun masih menarik untuk diikuti. Namun, sayang penulis kurang membumbui romansa mereka sehingga chemistry-nya kurang terlihat. Tiba-tiba saja, rasa cinta itu muncul, begitu saja. Alur mulai terasa lambat pada saat Rivan mengetahui penyakitnya. Gue ga suka banget dengan sikap heroiknya. Rivan memilih untuk menyembunyikannya karena tidak mau melihat Kinanti sedih. Menyimpan sendiri segala kesakitan dalam kesendiriannya. Gue paham dengan sikap Rivan dan cintanya yang egois, diatas segalanya Ia tidak menginginkan Kinanti sedih dan Ia memilih untuk menanggung penyakitnya sendiri. Well, ga sendirian tapi bersama Sherly, sahabatnya! Buodo banget ga sih Rivan ini? Woaa.. Apa Ia pikir Kinanti bisa mengerti situasi dimana suaminya menghabiskan kebanyakan waktu bersama sahabat ceweknya yang ternyata menyimpan cinta sepihak?! Lagian bilang ato ga bilang toh juga penyakitnya juga akan tetep ada…. Justru sikap Rivan yang selalu menjauh malah membuat Kinanti ga bahagia. Apa dia pikir maaf akan selalu bisa menyelesaikan masalah hati? Menurut gue, cinta Rivan itu cinta yang manis tapi bodoh. Mengharapkan kebahagian sempurna untuk Kinanti dengan menyakiti dirinya sendiri? Apa itu masuk akal?! Harusnya sebagai suami istri, mereka berbagi rasa dan saling menguatkan. Belum lagi keberadaan Rino yang menambah drama.

Oh Well, selain sikap heroik Rivan yang agak lebay sebenarnya jalan ceritanya cukup oke dan ending-nya pun cukup manis menurut gue. Meskipun Rivan bersikeras untuk berjuang sendiri namun pada akhirnya, Rivan berjuang untuk kembali pada Kinanti walaupun Ia menjadi Rivan yang berbeda dari yang dulu.

“Untukku dan Revan, kamu sempurna karena keberadaanmu membahagiakan kami”(Kinanti, hal 345)

~ Love may not resolve problems but Love can give you strength to get through it.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s