MOVIES

MURPHY’S LAW OF LOVE

4671_MurphysLawofLove_Nowplay_SmallPemain utama : Danson Tang [Ji Jia Wei] | Li Jia Ying [Guan Xiao Tong] | Jolin Chien [Xiang Zi Yan] | Wang Si Ping [He Zhi Yu] | Phoebe Huang [Wu Mei Zhen] | Sun Qi Jun [Qi Lun] | Lin Xin Pei [Jia Xin Xin] | Kao Ying Hsuan [Du Kai Wen] | Lin Wei [Ji Shou Zheng] | JR [Shao Qiang] | Zhang Yan Ming [Wang Si Men] | Tao Man Man [Hu An Ting] | He Ru Yun [Ibu Ji Jia Wei] | Producer: An Jing Hong | Director: Ye Tian Lun, Li Jing Rong, Hao Xin Xiang | Network : SETTV
Genre: Romance, Comedy, Melodrama | Episode : 19 | Rating : 7.9

Guan Xiao Tong selalu berurusan dengan hukum Murphy sepanjang hidupnya. Hukum Murphy menyatakan “Apapun yang berpotensial untuk salah, pasti akan jadi salah”, begitu pula dengan hidup Guan Xiao Tong, apapun yang Ia harapkan terjadi somehow selalu hilang/berakhir pada detik-detik terakhir. Begitu pula dengan kisah cintanya, ketika Ia berpikir Ia akan meraih kebahagiaannya dengan pacarnya, Du Kai Wen, tiba-tiba Ia diputuskan begitu saja. Di malam Guan Xiao Tong patah hati, Ji Jia Wei pun mengalami hal yang sama. Pacarnya, He Zhi Yu tidak datang pada moment Ia akan melamarnya. Ji Jia Wei memberikan cincin lamarannya kepada Guan Xiao Tong yang mabuk malam itu. Setahun kemudian Guan Xiao Tong yang aslinya adalah seorang psikolog memutuskan untuk bekerja di Biro Jodoh. Ia dikenal sebagai “Dokter Cinta” yang memberikan solusi dan membantu klien-kliennya yang ingin menemukan kebahagiaan. Guan Xiao Tong yang tak terkesan sama sekali dengan sikap kasar Ji Jia Wei pada pertemuan pertama mereka semakin tidak suka ketika mengetahui bahwa Ji Jia Wei membuka Agen Biro Perceraian yang membantu para kliennya yang ingin bercerai.

Namun tak disangka, Wang Si Men mendaftarkan Ji Jia Wei pada website biro jodoh. Dalam sekejap, Ji Jia Wei meraup popularitas yang luar biasa. Atas perintah atasannya, Wu Mei Zhen, Xiao Tong harus mengundang Jia Wei untuk hadir dalam acara yang diadakan Biro Jodoh sebagai tamu kehormatan. Pendekatan Xiao Tong untuk membuat Jia Wei datang ke acara tersebut membuat Jia Wei tanpa sadar menjadi penasaran padanya. Setelah acara itu berakhir, Jia Wei pun mengajukan kerjasama lainnya sebagai alasan untuk bisa terus berdekatan dengan Xiao Tong.

Sementara itu, perkenalannya dengan Xiang Zi Yan memberikan kesan yang mendalam bagi Xiao Tong. Bagi Xiao Tong, Zi Yan adalah pria ideal yang diimpikan tiap wanita. Jia Wei yang mengetahui Xiao Tong agak terkesan dengan Zi Yan menjadi panik dan berusaha untuk memenangkan hatinya dengan segala cara. Jia Wei berhasil akhirnya Ia dan Xiao Tong pun berpacaran. Disaat semuanya tampak berjalan mulus, hukum Murphy kembali menerpa Xiao Tong. Mantan pacar Jia Wei, He Zhi Yu muncul dengan misi untuk memenangkan cinta Jia Wei kembali dan sejumlah permasalahan pun muncul. Disisi lain, Zi Yan telah memutuskan untuk mengejar Xiao Tong secara terang-terangan. Akankah Xiao Tong dan Jia Wei mampu mengatasi apa yang menjadi ganjalan hubungan mereka? Akankah Jia Wei kembali pada Zhi Yu ketika mengetahui alasan sebenarnya Zhi Yu meninggalkannya satu tahun silam?

Jujur gue pertama kali baru tahu kalau Hukum Murphy itu ada! Bahkan definisinya buat gue mumet biyoohh… Oh Well, simpelnya buat gue Hukum Murphy itu adalah ada beberapa hal tidak berjalan sesuai yang kita harapkan akan terjadi, seperti yang terjadi dalam kehidupan Xiao Tong. Apa yang terjadi kenyataannya seringkali berbeda dengan apa yang diharapkan. Ketika ia optimis hubungannya dengan Du Kai Wen, eehh Ia malah diputuskan. Ketika Ia tidak menyukai Jia Wei, justru pria itu penasaran dan menyukainya. Ketika Ia mulai merasakan kebahagiaan dengan Jia Wei, ada aja masalah yang muncul menganggunya.

Drama Murphy’s Law of Love ini menurut gue lumayan sih, pemainnya ganteng-ganteng, alur cerita cukup unik dan jelas. Cuma jujur gue ga gitu lihat relevannya film ini dengan Hukum Murphy secara langsung. Oke, ada beberapa adegan yang memang sesuai dengan Hukum Murphy pada awalnya ini namun masuk tengah-tengah keakhir episode menurut gue sudah lebih kearah persaingan cinta pada umumnya. Apa gue yang ga “dong” (baca: ga ngerti) sama Hukum Murphy itu sendiri ya? Yang gue suka drama ini menghibur terutama pertengkaran Tom and Jerry antara Xiao Tong dan Jia Wei.

4671_MurphysLawofLove_ffcc00Bicara soal karakter, yang paling berkesan buat gue pastinya karakter Xiang Zi Yan. Well, selain mukanya yang seksoy abis dengan kumis-jenggotnya yang tipis-tipis menggoda. Singkatnya Zi Yan ini 4G man! (ps. mau tahu apa itu 4G? nonton yah!) Inti cerita, Zhi Yan ini malaikat pelindung Xiao Tong, selalu ada buat jadi pendengar dan penyemangat. Asalkan Xiao Tong bahagia Ia pun bahagia. Namun akhirnya Ia sadar bahwa cinta seharusnya ditunjukkan dan diperjuangkan. Gue bangga dengan kelapangan-dadanya, berjiwa besar. Menurut gue, Xiao Tong akan lebih bahagia bersamanya.

murphys-05Ji Jia Wei yang diperankan oleh Danson Tang merupakan karakter yang kompleks. Walaupun Ia terlihat Sebagai pria yang sempurna: kaya dan ganteng, mudah untuk mendapatkan pasangan namun karena patah hati Ia sulit untuk move on. Juga dari luar terlihat sebagai pria yang berhati dingin dan semau gue, namun sebenarnya Ia adalah pria dengan hati yang lembut dan hangat, bahkan rapuh karena luka masa lalunya. Orang-orang yang Ia sayangi meninggalkannya begitu saja. Bagaikan kura-kura, Jia Wei bersembuyi dalam cangkangnya yang keras. Namun Xiao Tong tanpa Ia sadari mampu menembus pertahanannya. Dari penasaran akhirnya muncul rasa cinta. Perpisahannya dengan Xiao Tong membuatnya terluka namun juga mendewasakannya. Ia berubah dari pribadi yang selalu melarikan diri menjadi pribadi yang kuat tegar menerima segala kenyataan yang pahit sekalipun.

murphys-02Guan Xiao Tong adalah karakter yang imut mulai dari mukanya sampai hatinya, namun saying seringkali yang “dong” alias kadang agak-agak telmi. Xiao Tong selalu percaya bahwa Hukum Murphy berlaku dalam kehidupannya. Setelah putus cinta dari mantannya yang kaya, Xiao Tong agak anti terhadap orang kaya karena menurutnya orang kaya selalu menggunakan uang untuk segalanya. Keinginan untuk membantu orang menemukan kebahagiaan dalam cinta membuatnya keluar dari pekerjaannya sebagai psikolog rumah sakit dan bekerja sebagai “Dokter Cinta” di Agensi Biro Jodoh online I MEET YOU. Untuk urusan cinta, Ia selalu memprioritaskan pasangan diatas perasaannya sendiri. Namun justru karena itulah, Ia seringkali tidak menjadi dirinya sendiri. Itulah yang dialaminya bersama Ji Jia Wei. Ketika akhirnya Ia memutuskan untuk jujur terhadap dirinya dan perasaannya, Xiao Tong menemukan kembali jati dirinya.

4671_10He Zhi Yu, mantan pacar Ji Jia Wei yang merupakan seorang model dan selebritis selalu mementingkan karirnya disbanding apapun juga. Ia menganggap bahwa Ji Jia Wei akan selalu mencintainya apapun yang terjadi. Setelah mengalami kecelakaan yang menyebabkannya harus vakum dan menghilang dalam rangka penyembuhan luka-lukanya, Ia kembali untuk mencari Ji Jia Wei. Sayangnya Ia menemukan bahwa Jia Wei telah berpacaran dengan Xiao Tong. Menurut gue, karakter Zhi Yu berubah setelah Ia mengalami kecelakaan, dari seorang yang egoisnya minta ampun menjadi seorang yang sederhana. Namun sayangnya Ia sulit untuk mendapatkan cintanya kembali karena Jia Wei telah move on darinya. Penyesalan selalu datang terlambat, begitu pula Zhi Yu yang menyesali kenapa Ia tak berusaha menghubungi Jia Wei dan memberitahu kebenarannya.

7Banyak pelajaran penting mengenai cinta dan perasaan yang gue dapatkan dari film ini sih seperti seringkali kita khawatir apakah Dia “the one” buat kita atau apakah Dia adalah yang terbaik buat kita dll. Tapi melalui film ini Xiao Tong mengajarkan bahwa sebenarnya dalam hidup manusia itu tidak ada yang pasti, namun ketika engkau menjalaninya dengan tekun dan sepenuh hati, engkau akan mengetahui jawabannya. Dan yang pasti tetap percaya pada Cinta!

“Aku menyukainya bukan karena penampilannya tapi karena ketika aku bersama dia, aku bisa menjadi diriku sendiri. Aku menyukai dia bukan karena apa yang dia lakukan untukku tapi karena hal-hal yang bisa kami lakukan ketika kami bersama-sama.”

(Guan Xiao Tong & Ji Jia Wei)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s